Seorang Pria Harus Dioperasi Gara-gara Keseringan Main Candy Crush


Tahukah Anda? Candy Crush memang game yang dapat membuat Anda kecanduan, namun terlalu sering memainkannya bisa menyebabkan cedera. Itulah yang terjadi kepada seorang pria berusia 29 tahun asal Amerika Serikat yang harus menjalani operasi setelah jaringan tendon pada ibu jarinya rusak akibat bermain Candy Crush.

Pria ini merupakan subyek sebuah penelitian yang diterbitkan di situs bernama JAMA. Ia bermain game Candy Crush Saga setiap hari tanpa henti selama enam hingga delapan minggu menggunakan tangan kirinya, sementara tangan kanannya dipakai untuk melakukan hal lain.

Setelah berminggu-minggu bermain Candy Crush pria ini pun merasakan sakit pada ibu jari tangan kirinya dan tidak dapat menggerakannya. Ia pun mendatangi rumah sakit dan diberitahu bahwa ia harus menjalani operasi.

Menurut JAMA, pasien tidak merasakan sakit apa pun ketika bermain Candy Crush. Ada kemungkinan bahwa ia sangat tekun bermain sehingga sakit pada ibu jarinya tidak terasa. Ini menimbulkan pertanyaan: apakah benar sebuah game dapat mengurangi rasa sakit atau bahkan membuat seseorang melupakan rasa sakitnya itu sama sekali?

Dr. Andrew Doan menulis dalam jurnal JAMA:
“Kita perlu menyadari bahwa video game tertentu dapat bertindak seperti obat penghilang rasa sakit. Kita pun harus menyadari bahwa itu dapat disalahgunakan … Penelitian lebih lanjut harus mempertimbangkan apakah pengurangan rasa sakit adalah alasan mengapa beberapa individu bermain video game secara berlebihan, menciptakan ketagihan atau menyebabkan cedera yang berkaitan dengan bermain video game.” Gadget+

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru