Bahaya Dibalik Penggunaan Searching Engine Dan Messenger Yang Tidak Benar

intercomku.blogspot.com
Bahaya Dibalik Penggunaan Searching Engine Dan Messenger Yang Tidak Benar-Berkembangnya tekhnologi khususnya internet di Negeri ini memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

berbagai aspek merasakan manfaat langsung dari internet, informasi yang diperlukan cepat didapat dengan mesin pencarian.

Bisa google, Bing, yahoo dan banyak lagi mesin pencari lain, mudah mengakses berbagai informasi dan mudah digunakan.


Hanya hitungan detik mesin pencari mampu mencari berbagai informasi yang diperlukan, kemampuannya yang cepat dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya yang diperlukan, memberikan kemudahan memperoleh beragam informasi yang diperlukan pencarinya.


Berkembangnya internet  mengundang lahirnya beragam aplikasi untuk mengirim pesan, pesan suara, vidio, photo atau lainnya dengan begitu mudahnya dikirim lewat akses internet.


Panggilan suara bisa memanfaatkan layanan WhatsApp, BBM, Line, bisa juga lainnya, biaya yang diperlukan lebih hemat dibandingkan dengan panggilan telpon seperti biasanya.

Tak heran banyak yang beralih melakukan panggilan memanfaatkan aplikasi tersebut, user aplikasi messenger terus meningkat dari tahun ketahun menjangkau sampai kepelosok 

Memang manfaatnya dari aplikasi messenger begitu besar terutama bagi pengusaha online, namun ada bahaya menyertainya pada pemanfaatannya yang tidak benar terutama remaja.

Pengguna internet khususnya remaja masih lugu, gampang dipengaruhi dan diperdaya dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dengan iming-iming uang dan kesenangan.

Tanpa pikir panjang mereka mengikuti dan melakukan perintah orang yang baru dia kenal, untuk itu orang tua harus ekstra dalam mengawasi aktivitas remaja berselancar di internet.

Akan lebih baik lagi jika orang tua mahir dalam menggunakan berbagai layanan internet, remaja tidak bisa membodohi orang tua dalam memanfaatkan layanan internet jika salah.

semoga dengan artikel Bahaya Dibalik Penggunaan Searching Engine Dan Messenger Yang Tidak Benar, orang tua mengetahui dampak positif dan negatifnya aktivitas yang dilakukan anaknya, maka bahaya penggunaan searching engine dan messenger yang tidak benar bisa dicegah.

Awasilah setiap aktivitas Browsing, chatting, dan Facebookan yang dilakukan anak kita, aktivitas ini adalah yang paling sering dilakukan remaja dalam mengisi waktu senggangnya, orang tua harus tahu apa Browsing, Chatting dan facebookan serta turut menggunakannya, jika tidak bagai mana bisa tahu anak berbuat kesalahan dalam memanfaatkan internetnya.

Sebagai pengetahuan dasar berkenaan dengan Browsing, chatting, dan Facebookan silahkan Simak sedikit uraiannya dibawah ini!

1. Browsing

Browsing adalah berselancar di internet menggunakan mesin pencari yang beragam bisa google, yahoo, bing dan masih banyak lagi mesin pencari lain yang mudah digunakan.

Dengan menggunakan mesin pencari beragam informasi yang diperlukan cepat didapat hanya mengetikan keyword/kata kunci apapun, kapanpun dan dimanapun begitu mudah informasi yang dicari tersedia dalam hitungan detik, cepat didapat hemat waktu dan biaya.

Browsing sangat bermanfaat jika remaja generasi muda memanfaatkannya dengan benar, misal mencari informasi seputar Pelajaran guna meningkatkan pemahaman belajarnya, mengetahui hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuan diri dan keterampilannya.


Bagaimana jika sebaliknya, remaja generasi kita mengakses hal-hal yang tidak selayaknya , hal yang dapat menghancurkan moralnya? Silahkan coba masukan keyword tidak pantas misal kata tidak senonoh, vidio tidak senonoh atau photo tidak senonoh atau hal lainnya.

Ketikan kata kunci yang sekiranya tidak pantas dimesin pencari! Bagai mana mudahkan? lalu bagaimana jika hal itu dilakukan oleh remaja genersai muda kita?

2. Chatting


Chatting adalah berkirim pesan, photo atau vidio lewat aplikasi messenger seperti BBM Line, Whatsapp dan masih banyak aplikasi serupa yang memberikan layanan yang mudah.

Berkirim pesan teks, Pesan suara, vidio dan juga Photo pastinya akan sangat berguna jika berkirim pesan seputar pelajaran, berbagi vidio tutorial, bertukar pikiran akan menjadi mudah.

bagaimana jika mereka manfaatkan untuk berkirim pesan cinta, berbagi vidio tidak layak, berkirim photo tidak senonoh? apakah anda akan membiarkan aktifitas chatting mereka.


Awasilah kegiatan chatting mereka dan selalu memeriksa kontak di aplikasi chating mereka, dengan begitu kita bisa tahu dengan siapa saja anak kita generasi muda berchatting ria.

3. Facebook


Facebookan adalah aktivitas yang dilakukan oleh remaja kita untuk berkirim Pesan teks Photo, Vidio atau file lainnya menggunakan aplikasi yang digemari remaja yaitu Facebook.

Tersedia fitur lengkap, usernya  bisa mencurahkan perasaan dikenal dengan istilah status, status kita nantinya akan dapat dilihat oleh temannya yang sangat luas, tak hanya satu Negara mencakup Negara luar sehinngga akan berbahaya jika yang ditulisnya adalah salah.


Selain membuat status mereka bisa membuat grup atau bergabung pada grup komunitas, memungkinkan untuk saling kemukakan pendapat atau beraktivitas lainnya di dalam grup.


Aktivitas digrup bisa dilihat dikomentari oleh anggotanya dalam grup atau komunitas itu, Facebook akan sangat berguna jika remaja generasi muda pandai memanfaatkannya untuk bertukar pendapat, saling memotivasi, memberi informasi yang diperlukan temannya.


Akan baik jika mereka bergabung pada grup-grup yang dapat meningkatkan kualitas dirinya, bagaimana jika remaja generasi muda berteman dengan oknum tidak bertanggung jawab, bergabung dengan grup yang memberikan motivasi untuk melakukan tindakan yang salah, tindakan bertentangan dengan agama dan hukum dinegara kita seperti yang baru ini terjadi.


Bahaya dibalik penggunaan searching engine dan messenger yang tidak benar bagi remja, seperti mengakses hal-hal tidak pantas menggunakan searching engine atau mesin pencari, berkirim pesan suara, vidio atau photo tidak senonoh yang sangat tidak pantas baginya.


Menggunakan messenger BBM, Line WhatsApp atau juga aplikasi messenger lainnya, memanfaatkan Facebook untuk menulis status bertentangan dan menyudutkan orang lain, bergabung dengan grup-grup yang memberikan motivasi untuk melakukan tindak kejahatan, semua itu tentu tidak akan pernah terjadi jika orang tua melakukan pengawasan ekstra.

Pantau setiap aktivitas berselancar, Chatting atau Facebookan anak-anak generasi muda, periksa kontak aplikasi messenger dan riwayat setiap browsing yang dilakukan olehnya.


Akan sulit semua itu dilakukan untuk memantau aktivitas berselancar mereka didunia maya, jika anda tidak mengerti sama sekali apa itu kegiatan browsing, chatting dan facebookan, mereka akan membodohi kita agar tidak curiga dengan aktivitas yang dilakukannya.


Jika kesulitan mengawasi aktivitas berselancar mereka karena tidak mengerti tekhnologi, berikan pemahaman tentang bahayanya penggunaan tekhnologi jika disalah gunakan.


Diharapkan dengan pengetahuan yang diberikan, mereka bijak dalam menggunakannya, memberikan pemahaman yang benar berkenaan dengan hal itu tidaklah sulit dilakukan, ditelevisi sering diberitakan tentang penganiayaan atau kejadian-kejadian anarkis lainnya.

Kejadian yang berawal dari status melaui media sosial dan menyinggung golongan tertentu, itu contoh bahaya dibalik penggunaan searching engine dan messenger yang tidak benar.

Demikian artikel Bahaya Dibalik Penggunaan Searching Engine Dan Messenger Yang Tidak Benar semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru