Cara Mengatasi Game Android Yang Keluar Sendiri

Setiap ponsel memiliki kelebehihan sendiri-sendiri, dari segi penyimpanan, hingga kemampuan. Yang paling dipertanyakan oleh orang adalah tentang game yang tiba-tiba keluar sendiri atau bisa disebut force close. Tentu hal tersebut ada hubungannya dengan kemampuan ponsel, Tapi jika ponsel yang sama milik teman bisa memainkan game itu tanpa keluar tiba tiba, maka itu artinya ponsel yang kamu miliki juga dapat bermain game tersebut sewajarnya.

Ada satu penyebab yang tentunya membuat keluar tiba-tiba saat memainkan game, yaitu RAM. Pada dasarnya setiap ponsel Android memiliki berbeda beda spesifikasi, semakin baik merk ponselnya, maka semakin baik kemampuannya. Banyak juga yang bilang, semakin bagus spesifikasi ponsel, maka semakin mudah untuk melakukan proses root, yang dimana dapat membuat garansi hangus, namun ponsel bisa menjadi jauh lebih pintar dibanding sebelumnya.
game android keluar sendiri

Disini akan Saya bagikan cara untuk membuat game android tidak keluar sendiri dan tentunya tidak perlu membutuhkan ROOT dan hanya menggunakan cara aman saja. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Menggunakan Aplikasi Task Killer – Ada berbagai aplikasi task killer yang siap digunakan tanpa mengharuakan ponsel memilili akses ROOT. Yang paling populer hingga saat ini adalah Task killer. Silahkan gunakan aplikasi tersebut dan hentikan semua aplikasi yang berjalan pada background.
  2. Menghapus semua task secara manual – Jika aplikasi task killer masih tidak mempan untuk menghapus beberapa task, silahkan hapus dengan cara menekan menu daftar sedikit lama dan akan tampil task aplikasi yang aktif.
  3. Menghapus semua cache/tembolok – Pada dasarnya file cache juga bisa saja crash atau tidak bisa berjalan dengan semestinya pada game, maka dari itu silahkan hapus semua cache yang ada. Bisa menggunakan aplikasi cache cleaner, silahkan cari di apps store.
  4. Memaksa berhenti aplikasi berukuran tinggi – Silahkan gunakan cara ini jika memainkan game benar-benar lag atau keluar tiba-tiba secara terus menerus. Maka dengan itu silahkan paksa berhenti aplikasi yang hanya berukuran besar yang sekiranya memakan RAM terlalu banyak kecuali launcher. 
  5. Jangan aktifkan paket data – Jika game yang dimainkan tidak memerlukan koneksi internet, sebaiknya paket data tisak diaktifkan, karena dengan mengaktifkan paket data, akan banyak sekali aplikasi yang otomatis berjalan dibackground seperti BBM, Facebook, dan lain-lain.
  6. Reboot ponsel – Hal ini cukup efektif untuk mengembalikan RAM lebih banyak, bisa jadi juga gamenya crash dan harus reboot ponselnya. Dan sebagai saran Saya gunakan cara ini untuk alternatif saja. Karena tidak baik mereboot ponsel terus-terusan.

Cara diatas sangat aman untuk digunakan tanpa adanya efek samping. Saya sendiri sering melakukan cara diatas sebelum memainkan game HD dan hasilnya memuaskan. Memang jika dilihat akan seperti banyak, namun saat dipraktekan, cara diatas bisa dilakukan sebentar selama ingat setiap stepnya. Jika ponsel telah memiliki akses ROOT bisa lebih mudah memaksa aplikasi yaitu dengan cara dibekukan, jadi aplikasi seperti diuninstal sementara tanpa membuang data. Tidak hanya itu bahkan bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti chainfire 3D yang digunakan untuk memanipulasi spesifikasi jauh lebih baik dibanding sebelumnya dan dapat memainkan game HD tanpa lag.

Untuk saat ini ponsel yang lebih sering mengalami hal seperti ini adalah ponsel yang memiliki processor setara atau dibawah 1ghz single core. dan untuk mengatasinya harus melakukan cara seperti diatas selalu. Untuk ponsel yang memiliki processor lebih dari itu (dual core) bisa menggunakan tata cara diatas seperlunya saja.

Teman Saya sendiri ponselnya tergolong low-end, dan membuka game diatas 20Mb selalu keluar-keluar sendiri, tapi berkat menggunakan cara diatas, gamenya tidak lagi keluar sendiri dan berjalan normal.

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru