Cara Ganti E-mail Blogspot

Cara Ganti E-mail Blogspot
Banyak Blogger yang tidak tahu bagaimana Cara Ganti E-mail Blogspot sedangkan mereka ingin sekali mengganti alamat E-mail Blognya dengan yang baru, semua itu dilakukan untuk mengatasi masalah pada E-mail Blognya maupun karena kepentingan tertentu, mengganti E-mail Blog tidak gampang jika dilakukan pertama kali, tetapi juga tidak terlalu sulit jika dilakukan dengan mengikuti tutorial yang jelas dan mudah dipahami.

Untuk blogger yang sedang mengganti E-mail blognya saya bermaksud berbagi sedikit pengalaman cara ganti E-mail blogspot bagi yang kali ini sedang membutuhkannya, Blogger tinggal melakukan langkah-langkah yang telah diuraikan dibawah ini.

Sebelumnya saya akan membahas terlebih dahulu beberapa penyebab seorang Blogger mengganti alamat E-mail Blognya, pengetahuan dasar ini harus diketahui oleh Blogger agar kedepannya tidak perlu sampai mengganti E-mail Blognya lagi, sebagian mungkin sudah diketahui makanya kali ini berniat untuk menggantinya, tapi tidak ada salahnya jika tahu lebih banyak lagi karena dengan begitu akan lebih siap dan berhati-hati dalam melakukan setiap perubahan pada Blog anda. 

Beberapa penyebab seorang Bloggger mengganti E-mail blognya adalah karena:
  • Terlalu banyak E-mail masuk 
Terlalu banyak E-mail masuk adalah kendala yang biasanya dialami oleh Blogger yang pada saat pertama kali membuat Blog mempergunakan Email yang lama dan sudah pernah digunakan untuk registrasi kebanyak situs, Blogger tersebut akan menerima banyak sekali E-mail masuk dari situs-situs tersebut, ditambah lagi dengan E-mail masuk dari pengunjung membuat space memori cepat penuh, untuk itu sebaiknya pada saat pertama kali membuat Blog mempergunakan E-mail baru khusus untuk Blog dan jangan dipergunakan untuk registrasi selain ke situs Blogspot, tujuannya supaya tidak akan menerima banyak sekali E-mail masuk selain dari pengunjung Blog dan situs yang berhubungan dengan Blogspot itu sendiri, jika sudah terlanjur solusinya adalah harus mengganti alamat E-mailnya.
  • Ganti Pemilik Blog 
Bergantinya pemilik Blog karena diwariskan atau di komersilkan hampir selalu menyebabkan diganti juga E-mail dari Blog itu, Blogger yang melepas Blog yang dikelolanya untuk keperluan komersil atau keperluan lain akan menggantinya dengan alamat E-mail baru, itu semua dilakukan atas permintaan pemilik baru atau bisa juga karena pemilik lama masih ingin memiliki alamat E-mail tersebut, kecuali jika pemilik baru menginginkan Blog dengan alamat E-mailnya dan pemilik lama menyetujuinya.
  • Menyelaraskan E-mail dengan Judul Blog Subdomain/Custom Domain 
Menyelaraskan E-mail dengan Judul Blog dan Subdomain/Custom Domain adalah salah satu upaya yang biasa dilakukan oleh Blogger untuk membuat Blog yang dikelolanya agar tampak lebih baik, memiliki ciri dan terlihat Profesional, banyak Blogger yang baru menyadari hal ini setelah terlanjur mempergunakan E-mail yang berbeda, jika E-mail tersebut dipasang di Form Contact Us dan terpampang pada Disclaimer terlihat kurang pas, setelah itu banyak Blogger yang memutuskan untuk mengganti E-mail Blognya dengan yang baru.
  • Banyak akun Blogspot dalam satu E-mail 
Banyak akun Blogspot dalam satu E-mail sebenarnya tidak dilarang hanya jika kita mengalami masalah seperti lupa password dibaned oleh google atau masalah lainnya kita akan kehilangan semuanya, untuk menghindari risiko tersebut banyak Blogger yang berinisiatif mempergunakan satu E-mail hanya untuk satu akun Blogspot.

Itulah beberapa penyebab seorang Blogger memutuskan untuk mengganti E-mail Blognya, selanjutnya kita kembali ke pokok yaitu cara ganti E-mail Blogspot, sebelum menuju ke langkah-langkahnya ada beberapa yang harus anda persiapkan terlebih dahulu yaitu:

a. E-mail baru.

E-mail baru ini adalah E-mail untuk anda login ke akun Blogspot seterusnya, gunakan E-mail yang benar-benar tepat sehingga kedepannya anda tidak perlu lagi untuk menggantinya, catat terlebih dahulu alamat E-mail dan Passwordnya di Notepad atau buku catatan karena jika anda lupa anda tidak akan bisa login ke akun Blogspot lagi, Jika anda belum memiliki E-mail baru untuk menggantinya buat dulu disini!

b. Dua Browser yang berbeda.

Diperlukan dua Browser yang berbeda seperti Mozila firefox dengan google chrome atau Opera mini, dua Browser ini digunakan untuk login ke dua akun gmail pada waktu bersamaan, biasanya akan susah membuka dua akun pada waktu bersamaan menggunakan satu Browser, alternatifnya kita menggunakan dua Browser yang berbeda untuk membukanya, setelah anda mempersiapkan semuanya kita mulai saja tutorialnya!

Langkah ke Satu

a. Buka Brower anda mozila firefox lalu masuk ke www.blogger.com

b. Login ke akun Blogspot yang akan diganti E-mailnya! 

c. Pada Dashboard Blog anda buka menu setting! 

d. Didalam menu setting klik Dasar! 

e. Cari keterangan penulis Blog! 

f. Klik tambah Penulis Blog! 

g. Masukan E-mail baru (E-mail pengganti) pada kotak yang tersedia! 

h. Klik undang penulis! 

i. Biarkan halaman ini tetap terbuka! 

Langkah ke Dua

a. Buka browser kedua! Jika yang pertama menggunakan mozila kali ini gunakan google chrome tau opera mini! 

b. Login ke E-mail baru (E-mail pengganti) yang dimasukan pada Penulis Blog. 

c. Lihat akan terdapat E-mail masuk dari E-mail yang akan diganti (E-mail lama) isinya berupa konfirmasi undangan sebagai penulis. 

d. Klik ink yang terdapat didalamnya sampai masuk ke akun Blogspot! 

e. Biarkan halaman ini tetap terbuka! 

Langkah ke Tiga

a. kembali ke halaman yang belum ditutup pada browser mozila firefox! 

b. Refresh halaman ini dengan menekan F5! 

c. Lihat menu Izin Penulis Blog, jika anda melakukan semua prosesnya dengan benar akan terdapat 

E-mail baru (E-mail pengganti) sebagai penulis dibawah E-mail yang akan diganti (E-mail lama) 

d. Jadikan ADMIN E-mail baru (E-mail pengganti) tersebut dengan cara mengklik kotak sebelah kanan (E-mail pengganti) yaitu tombol previlese admin. 

Langkah ke Empat

a. Kembali ke halaman yang belum ditutup pada browser kedua google chrome atau opera mini! 

b. Buka halaman ini Refresh dan lihat jika benar maka pada kotak penulis Blog akan terdapat dua 
admin yaitu E-mail yang akan diganti (E-mail lama) dan E-mail baru (E-mail pengganti). 

c. Hapus admin pertama penulis 1 yaitu E-mail yang akan diganti (E-mail lama) caranya klik tanda (x) dibagian kanan E-mail tersebut. 

d. Logout dari akun pada browser kedua tersebut dan tutup browsernya! 

e. Logout juga dari akun yang terdapat pada browser mozila firefox dan tutup browsernya! 

Langkah ke Lima

Langkah ini sebenarnya hanya untuk mengetes berhasil atau tidaknya Cara Ganti E-mail Blogspot yang telah kita lakukan, caranya: 

a. Buka lagi browser bisa mozila firefox, google chrome atau opera mini terserah! 

b. Masuk kembali ke www.blogger.com, login menggunakan E-mail baru (E-mail pengganti) jika 
berhasil masuk artinya E-mail Blogspot anda telah berhasil diganti. 

Untuk kedepannya anda bisa Login ke akun Blogspot dan memposting artikel hanya jika mempergunakan E-mail ini. 

Demikian artikel Cara Ganti E-mail Blogspot yang bisa saya tulis pada kesempatan ini, semoga dapat bermanfaat, amin!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru