Inilah Kekurangan Root Android yang Bisa Bikin Kamu Batal Meroot

Inilah Kekurangan Root Android yang Bisa Bikin Kamu Batal Meroot
Bagi pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Root, tapi bagi kamu yang belum lama menggunakannya mungkin saja belum mengerti apa itu Root? Biasanya menemukan istilah ini pada saat menginstal aplikasi dan muncul pemberitahuan "Dibutuhkan akses Root" karena penasaran kemudian mencari informasi tentang Root di internet dan tertarik untuk meroot Android miliknya.

Karena banyak pengguna baru yang tertarik dengan Root dan berniat untuk meroot Android miliknya, saya buat postingan ini untuk berbagi sedikit informasi tentang Root dan menjelaskan apa saja kelebihan serta kekurangan dari Root Android.

Setelah mengetahuinya kamu dapat mempertimbangkannya, melanjutkan untuk melakukan Root Android apabila siap dengan segala risikonya, atau membatalkannya karena tidak ingin menanggung risiko.

Secara garis besar Root adalah proses dimana pemilik bisa memiliki akses penuh dalam sistem operasi perangkat yang dimilikinya. Dengan mendapatkan kendali atau akses Root kamu dapat melakukan apapun diperangkat dengan melewati proses tertentu. Inilah kelebihan dari Root Android yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya.

Kelebihan-kelebihan itu antara lain:
  1. Dapat menghapus Aplikasi bawaan (Bloatware). Kamu bisa menghapus Aplikasi yang jarang digunakan atau tidak dibutuhkan, atau menghapus Aplikasi berbeda yang memiliki fungsi sama.
  2. Dapat Melakukan Custom ROM sehingga kamu bisa mengubah dan mempercantik tampilan Android dengan menambah fitur dari firmware bawaan Android, meningkatkan kemampuan serta performance melebihi dari apa yang ditawarkan oleh firmware aslinya.
  3. Dapat memasang Aplikasi yang hanya bisa di instal pada perangkat yang telah di Root. Kini banyak Aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja Andoid yang hanya bisa di instal pada perangkat yang telah di Root.
  4. Dapat memasang atau memindahkan Aplikasi ke memori eksternal sehingga kamu bisa menghemat ruang pada penyimpanan internal.
Itulah sebagian kelebihan yang bisa kamu dapatkan setelah Android kamu diroot.

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki oleh Android yang di Root tapi perlu diketahui juga selain memiliki kelebihan terdapat juga kekurangannya diantaranya:
  1. Hilangnya garansi meskipun waktu garansinya belum habis, apabila terjadi error atau kerusakan pihak produsen tidak akan bertanggung jawab.
  2. Keamanan menurun sehingga akses kedalam file sistem lebih terbuka, sebagai konsekuensinya Android yang di Root lebih rentan disisipi malware yang berbahaya.
  3. Banyak aplikasi yang akan berhenti berfungsi. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak di izinkan untuk di akses pada perangkat yang terdeteksi Root. Poin inilah yang mungkin akan membatalkan niat kamu untuk melakukan Root pada perangkat yang kamu miliki.

Memang banyak kelebihan yang dimiliki oleh Android yang di Root, tapi jika berisiko akan membuat banyak Aplikasi berhenti berfungsi, tentu kamu berpikir dua kali untuk melakukannya, bahkan bukan tidak mungkin kamu akan membatalkannya.

Aplikasi-aplikasi yang tidak di izinkan tersebut adalah Aplikasi yang sudah pasti kamu sukai, bahkan diantaranya adalah Aplikasi yang sangat penting. Aplikasi-aplikasi itu antara lain:

1. Games Kritika

Kamu suka menjadi ksatria tangguh dalam games lawas Kritika kesukaanmu? Sekarang siap-siap kejayaannmu akan berakhir, tetapi kali ini bukan musuh yang akan mengalahkanmu, keinginan untuk melakukan Root Android yang kali ini membuatmu kalah.

Kecuali jika kamu batal untuk melakukan Root pada perangkatmu. Yang jelas jika kamu ingin melakukan Root Android kamu harus merelakan games tersebut, Games Kritika tida bisa dijalankan pada perangkat yang di Root.

2. Tcash Telkomsel

Tcash Telkomsel adalah layanan keuangan digital dari telkomsel berupa uang elektronik. Sebagai pengguna Telkomsel sudah selayaknya jika kamu menggunakan layanan ini.

Untuk kamu yang sudah merasa nyaman dengan semua kemudahan yang diberikan Tcash Telkomsel, apabila kamu melakukan Root Android semua kemudahan itu tidak akan bisa kamu rasakan lagi, Tcash Telkomsel tidak bisa di akses pada perangkat yang di Root.

3Aplikasi PayFazz

Kamu mitra PayFazz dan selalu melakukan berbagai macam pembayaran seperti, Pulsa, Paket Data dan iuran BPJS menggunakan jasa PayFazz? Hati-hati jika Android kamu terdeteksi Root kamu tidak akan bisa lagi menggunakan Aplikasi ini

PayFazz tidak dizinkan untuk di akses pada perangkat yang telah di Root. Tindakan ini merupakan upaya pencegahan supaya Aplikasi PayFazz tidak rentan dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4
Aplikasi Perbankan

Sebagai karyawan, Pengusaha, atau kamu yang masih berstatus pelajar sekalipun pasti memilih Bank untuk menyimpan uang. Dengan menyimpan uang di Bank kita mendapat banyak keuntungan, diantaranya yaitu dimudahkan untuk melakukan berbagai macam transaksi dengan menggunakan ATM.

Bagi Nasabah yang memiliki Android akan lebih dimudahkan lagi, cukup dengan memasang Aplikasi perbankan seperti Mandiri mobile, BNI mobile atau Aplikasi perbankan lainnya, kita bisa dengan mudah untuk menggecek saldo, melakukan pembelian, pembayaran atau transaksi lainnya tanpa harus repot-repot menuju mesin ATM.

Sayangnya bagi pemilik Android yang sudah di Root tidak akan bisa lagi menikmati kemudahan itu, Aplikasi perbankan tidak diizinkan untuk di akses pada perangkat yang telah di Root, jika sebelum di Root Aplikasi tersebut telah lebih dulu dipasang, Aplikasi tersebut akan berhenti berfungsi, setiap kali Aplikasi tersebut dijalankan muncul pemberitahuan "Root device detected"

Itulah beberapa Aplikasi yang tidak bisa diakses pada perangkat yang telah di Root, jika kamu suka mencoba berbagai Aplikasi, mungkin kamu akan menemukan lebih banyak lagi Aplikasi yang tidak bisa diakses pada perangkat yang di Root. Sekarang, masihkah kamu ingin melakukan Root Android?

Sebenarnya kita bisa mengakali beberapa Aplikasi supaya tetap bisa dijalankan pada perangkat yang telah di Root, Caranya dengan memasang aplikasi semacam Hide My Root, Xposed, Root Cloak atau aplikasi serupa lainnya, tapi demi keamanan, Aplikasi penting seperti PayFazz dan perbankan, sebaiknya jangan dipasang pada perangkat yang di Root, meski kamu dapat mengakalinya supaya tetap bisa di akses.

Demikian semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru