3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android

3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android-Pengguna HP android sudah pasti tahu dengan fitur yang satu ini “ Kunci Layar” fungsi fitur ini sesuai dengan namanya yaitu untuk mengunci layar, hampir disemua HP berbasis anroid fiturnya sudah tersedia, didalam kunci layar ini terdapat empat opsi yaitu Usap, Pola, Pin dan Kata sandi, tingkat keamanan dari keempatnya berbeda, pengguna hanya tinggal memilih salah satu kunci dengan tingkat keamanan yang di inginkan, kurang lebih tingkat keamanannya seperti ini:

1. Kunci Usap

Kunci layar dengan Usap tingkat keamanannya tidak ada atau tanpa pengaman, cara membuka layar yang dikunci dengan kunci ini tergolong mudah, tinggal mengusap/ menggeser layar ke kiri atau kekanan, siapapun bisa dengan mudah untuk membuka kuncinya.

2. Kunci Pola

Kunci layar dengan Pola tingkat keamanannya sedang, kunci ini berupa sebuah titik didalam lingkaran-lingkaran kecil, ada sembilan titik didalam lingkaran yang terletak dilayar peragkat, cara membuka kunci ini yaitu dengan menggambar pola pada titik-titik tersebut minimal empat titik, garis yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya pada saat kunci dibuka akan membentuk sebuah pola, meskipun hanya berupa sebuah titik tapi kunci ini tidak mudah untuk ditebak atau di acak,


3. Kunci Pin

Kunci layar dengan Pin tingkat keamanannya tinggi, seseorang tidak akan bisa membuka kunci ini tanpa mengetahui Pinnya, jumlah angka yang bisa dijadikan Pin minimal empat digit, semakin banyak angka yang dijadikan Pin akan semakin sulit untuk di acak.

4. Kunci Kata Sandi (Password)

Kunci layar dengan Kata Sandi (Password) tingkat keamanannya sangat tinggi, kunci ini dibuat dengan huruf/ kata minimal empat karakter, maksimal enam belas karakter. Jika dibandingkan dengan tiga kunci lainnya Kata Sandi ini adalah yang paling aman, mustahil seseorang akan bisa menjebol kunci ini dengan cara menebak atau mengacaknya.

Tujuan disediakannya fitur Kunci layar pada HP berbasis android adalah untuk melindungi perangkat dari pengguna lain tanpa seizin pemilik, siapapun yang mencoba untuk membuka perangkat tanpa sepengetahuan pemilik tidak akan bisa melakukannya, dengan begitu privace pemilik akan terjaga.


Pada fitur Kunci layar pengguna diberi kebebasan untuk mengatur Pola, Pin atau Kata Sandi sesuai dengan keinginannya, dengan begitu pemilik perangkat bisa membuat kunci yang rumit agar tidak mudah dijebol orang lain, sayangnya karena terlalu rumit kunci yang dibuat kadang menyebabkan lupa bagi pembuatnya sendiri, akibatnya pemilik perangkat akan memasukan Pola, Pin atau Kata Sandi yang salah, jika kesalahan ini dilakukan terus menerus maka kunci layar ini akan terblokir dan tidak akan bisa lagi memasukan Pola, Pin atau Kata Sandi yang benar.


Untuk berjaga-jaga supaya tidak kesulitan ketika suatu saat lupa Pola, Pin atau Kata Sandi, setiap kali melakukan perubahan pada Kunci layar tersebut buat juga salinannya dibuku catatan, apabila anda terlanjur membuat kesalahan yang membuat Pola, Pin atau Kata sandi anda terblokir, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membukanya kembali, silahkan coba 3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android dibawah ini satu persatu!


Cara 1. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Forgot Pattern


Untuk dapat melakukan cara ini syaratnya:


1. Smartphone anda adalah versi 4.4 (kitkat) kebawah.
2. Hapal alamat email dan password yang digunakan pada smartphone yang terkunci.
3. Layanan data aktif, dibutuhkan sambungan internet untuk masuk keakun google yang digunakan pada smartphone yang terkunci, bisa juga dengan Wifi jika sebelum perangkat terkunci dalam keadaan on dan dapat terhubung otomatis keperangkat lain.

Langkah-langkahnya:

a. Masukan Pola atau Pin semaunya sampai terblokir dan muncul Opsi “Forgot Pattern”

b. Klik Opsi “Forgot Pattern”

c. Pilih “Google account” masukan email dan password yang digunakan pada perangkat yang terkunci, akan menerima perintah “unlock password” , Setelah menerima perintah ini biasanya perangkat sudah bisa di buka.

d. Buka Pengaturan, pilih fitur Kunci layar dan Non aktifkan Pola atau Pin!

Cara 2. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Panggilan Telpon

Langkah-langkahnya:

a. Panggil handphone yang terkunci menggunakan handphone lain!

b. Jawab dan biarkan tetap tersambung!

c. Tekan tombol home jika berhasil masuk, Pilih menu!

Jika tidak berhasil masuk HP anda tidak suport, ganti dengan cara yang lainnya!

d. Buka fitur kunci layar dan non aktifkan, jika tidak berhasil membukanya karena benar-benar sudah lupa, lanjutkan pada langkah berikutnya!

e. Setelah berhasil masuk menu aktifkan data atau Wifi, sign in ke google menggunakan akun yang digunakan oleh HP yang terkunci, setelah sign in biasanya Pola, Pin atau Kata sandi bisa di nonaktifkan.

f. Buka lagi fitur kunci layar dan nonaktifkan!

Cara 3. Buka Kunci Layar Pola, Pin Atau Kata Sandi Dengan Factory Reset

Cara ini adalah yang paling sering saya gunakan untuk membuka Pola, Pin atau Kata Sandi, hampir selalu berhasil diterapkan disemua HP berbasis android.

Jika membuka Pola, Pin atau Kata Sandi dengan Factory Reset semua aplikasi yang diinstal akan ikut terhapus hanya aplikasi bawaan pabrik yang akan tetap ada. Untuk meminimalisir kehilangan data cabut memory card sebelum mencoba cara ini!

Langkah-langkahnya:


a. Matikan HP!


b. Dalam keadaan mati tekan tombol Power + Volume up + Home secara bersamaan! 

Jika tidak berhasil masuk ganti menjadi Power + Volume down + Home secara bersamaan!

c. Jika berhasil akan masuk “android system recovery”

d. Cari “wife data/factory reset” gunakan tombol Volume up untuk bergeser keatas dan volume down untuk bergeser kebawah dan tombol Power untuk memilih/Ok.

e. Muncul lagi pilihan cari “yes - - delete all user data”

f. Setelah memilih “yes - - delete all user data” semua pengaturan termasuk Pola, Pin dan Kata Sandi akan direset.

g. Pilih “Reboot sytem now”

h. Setelah memilih “Reboot sytem now”HP akan restart dan kembali kepengaturan awal

Setelah melakukan Factory Reset akun google yang terpasang di HP akan ikut terhapus, untuk memperlancar aktivitas berinternet akun google harus dipulihkan atau diganti dengan yang baru, caranya:

a. Pilih pengaturan


b. Cari “akun”

c. Pilih “Tambah akun”

d. Pili “google”, akan ada dua pilihan “yang sudah ada” dan “baru”

e. Jika anda hapal akun google dan passwordnya yang pertama pilih “sudah ada” isi semua data yang diminta!

f. Jika tidak hapal akun google dan passwordnya yang pertama pilih “baru” isi semua data yang diminta!

Demikianlah artikel 3 Cara Membuka Kunci Pola, Pin Atau Kata Sandi HP Android yang dapat saya tulis pada kesempatan ini semoga dapat membantu, terima kasih!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat Menonaktifkan Akun Facebook Untuk Sementara Atau Selamanya

Cara Menjadikan Laptop atau HP Android Sebagai Hotspot Wifi

Config Youthmax KPN Tunnel Rev Terbaru